Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di SDNU Metro

Inayah, Sukma (2022) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di SDNU Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Sukma Inayah - 1801051055 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar matematika. Rendahnya hasil belajar matematika tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah model pembelajaran yang digunakan masih belum maksimal dan belum bervariasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Nahdlatul Ulama Metro (SD NU). Kondisi ini mengakibatkan siswa kurang percaya diri dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga Dakota terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Dakota merupakan salah satu alat peraga matematika untuk materi KPK dan FPB yang menggabungkan antara permainan tradisional dakon atau sering disebut dengan permainan congklak dan pembelajaran matematika. Dakota memiliki bentuk yang berbeda dengan dakon yang digunakan pada permainan tradisional pada umumnya karena sudah dimodifikasi.

Penelitian ini dilaksankan di SD NU Metro dengan menggunakan jenis penelitian semu (Quasi Eksperimental) dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group. Sampel pada penelitian adalah sampling jenuh atau teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan adalah 57 peserta didik, dengan penjabaran 28 peserta didik sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan alat peraga Dakota dan 29 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan alat peraga Dakota. Teknik pegumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian kemudian dianalis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penggunaan alat peraga Dakota berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD NU Metro. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 maka diperoleh thitung (4,48) > ttabel (2,05). Selain itu pengaruh pembelajaran menggunakan alat peraga dakota juga dapat dilihat dari nilai rata rata pretest kelompok kontrol = 46 dan kelompok eksperimen = 49,64. Sedangkan postest kelompok kontrol = 52,14 dan kelompok eksperimen = 79,64. Artinya nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Alat Peraga Dakota, Pembelajaran KPK dan FPB, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:59
Last Modified: 18 Dec 2023 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item