Khasanah, Uri Uswatun (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SD N 01 Batangharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Uri Uswatun Khasanah - 1801010112 - PAI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah media yang menyampaikan pesan atau informasi yang memuat maksud atau tujuan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran, siswa dapat meningkatkan minat belajarnya terutama pada mata pelajaran PAI. Permasalahan pada penelitian dari hasil wawancara prasurvey ini adalah media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dikarenakan media pembelajarannya masih menggunakan seadanya saja, sehingganya siswa tersebut memiliki rasa bosan, jenuh, bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas serta minat belajar pun jadi menurun jika dalam pembelajarannya dilakukan secara monoton.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SD N 01 Batangharjo?”
Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SD N 01 Batangharjo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode dekomentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Metode angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 5 item pertanyaan dan variabel Y dengan 10 item pertanyaan. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (x2 ).
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SD N 01 Batangharjo”. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 01 Batangharjo yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 1 kelas.
Selanjutnya, hasil perhitungan penelitian ini menunjukkan bahwa harga chi kuadrat (x2 ) hitung sebesar 18,61651725, sedangkan chi kuadrat (x2 ) tabel dengan taraf signifikan 5% = 9,488. Berdasarkan hasil tersebut maka chi kuadrat (x2 ) hitung lebih besar daripada chi kuadrat (x2 ) tabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan tingkat pengaruh sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media pembelajaran terhadap hasil koefisien determinasi, media pembelajaran berpengaruh sebesar 66,65% dalam mempengaruhi minat belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas V SD N 01 Batangharjo.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:52 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8825 |
Actions (login required)
View Item |