Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Kriya Bambu “Inthehome” Berdasarkan Konsep Marketing Syari’ah di Desa Negara Saka Kecamatan Negeri Katon

Putri, Rischa Aninda (2023) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Kriya Bambu “Inthehome” Berdasarkan Konsep Marketing Syari’ah di Desa Negara Saka Kecamatan Negeri Katon. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RISCHA ANINDA-(1602040221).pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap penjual untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk home industry kriya bambu dalam meningkatkan penjualan, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam melakukan pemasaran produk home industry kriya bambu di Desa Negara Saka.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak tercapainya target penjualan produk pada home indsutri kriya bambu pada kurun waktu 2018-2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meingkatkan penjualan, berdasarkan marketing syariah pada home industri kriya bambu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, dengan analisis kualitatif diambil dari interpretasi data dengan memberikan keterangan dan penjelasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh home industry kriya bambu di Desa Negara Saka adalah dengan melakukan penerapan marketing mix yang baik, dengan melakukan bauran pemasaran yang terkait dengan prpoduk (product),harga (price), tempat (place),promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan tampilan fisik (physical evidence). Kendala yang dihadapi dalam melakukan pemasaran produk home industry kriya bambu di Desa Negara Saka, diantaranya minimnya modal, keterlambatan datangnya barang yang dipesan dari pemasok, kekurangan karyawan dan promosi yang masih minim yaitu tidak maksimalnya penggunaan media sosial sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk.
Kata Kunci: strategi pemasaran, penjualan, home industri, merketing syari’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:52
Last Modified: 18 Dec 2023 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item