Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Drill Santri TPA Masjid Nurul Iman Desa Tejoagung Kecamatan Metro Timur Tahun 2018

Desiana, Dwi (2018) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Drill Santri TPA Masjid Nurul Iman Desa Tejoagung Kecamatan Metro Timur Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DWI DESIANA NPM. 14114031.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan yang telah dilakukan didasarkan atas rendahnya aktivitas santri saat pembelajaran. Konsep tersebut dibuktikan dengan hasil prasurvey yang menunjukkan kegiatan santri pada saat pembelajaran berlangsung yaitu kurangnya perhatian santri terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Masih banyak santri yang mengobrol dan sibuk bermain. Berdasarkan pada rendahnya kemampuan santri dalam baca tulis Al-Qur’an hal ini terlihat pada saat sebelum berakhirnya pembelajaran, ternyata masih banyak santri yang kurang memperhatikan makhraj hurufnya, harakatnya serta tajwidnya. Begitupun pada saat santri menulis masih banyak santri yang kurang memperhatikan benar dalam penulisan, susunan ayat, tanda baca serta keindahan/kerapihan tulisan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode drill(latihan) dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Metode drill(latihan) merupakan suatu metode pembelajaran dengan penerapan latihan secara terus menerus agar anak didik memperoleh keterampilan atau ketangkasan dari apa yang telah dipelajari.

Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek berjumlah 10 santri. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Adapun kegiatan penelitian yang dilakukan ialah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar yang berupa kemampuan baca tulis. Intrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar menggunakan pretest dan posttestserta lembar observasi aktivitas belajar santri, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif melalui lembar observasi aktivitas penggunaan metode drilldata yang terkumpul disajikan dalam bentuk persentase dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar yang berupa kemampuan membaca.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar santri dari siklus I ke siklus II meningkat 21,1% dan untuk tes kemampuan baca tulis santri yang dinilai secara individu padaposttest siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu 20% Mulai tingkat keberhasilan siklus I sebesar 60%atau sebanyak 6 santri dari 10 jumlah santri keseluruhan. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80% atau sebanyak 80 santri dari jumlah keseluruhan santri yang hadir. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian dengan penerapan metode drill ini dapat meningkatkan kemampuan santri dalam baca tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:55
Last Modified: 15 Jan 2020 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item