Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMAN 1 Sekampung

Yusup, Amirudin (2022) Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMAN 1 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Amirudin Yusup - 1801010008 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran pokok bagi umat Islam. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Sekampung cukup baik. Namun, saat pembelajaran ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Maka, dalam hal ini guru PAI memiliki peran yang penting dalam menyusun strategi agar dapat mengatasi kesulitan tersebut. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa SMAN 1 Sekampung dan apa saja faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa di SMAN 1 Sekampung dan mendeskripsikan faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas XII. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam siswa di SMAN 1 Sekampung adalah melakukan analisis hasil diagnosis, mengidentifikasi dan menentukan bidang kecakapan tertentu yang memerlukan perbaikan, menyusun dan melaksanakan program perbaikan, dalam hal ini guru melakukannya dengan cara pendekatan secara individu, memberikan tugas tambahan baik itu berupa soal, bimbingan membaca Al-Qur’an dan hafalan serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti ceramah, tanya jawab demonstrasi dan memberi teladan. Adapun faktor yang menghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah faktor internal siswa yaitu kurangnya minat dan motivasi siswa dan Faktor eksternal siswa yaitu kurangnya kontrol dari orangtua dan lingkungan pegaulan yang kurang baik.

Kata kunci : Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:02
Last Modified: 18 Dec 2023 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8833

Actions (login required)

View Item View Item