Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tinjauan Manajemen Bisnis Islam Terhadap Produksi Gula Jahe (Studi Kasus : Home Industri Gula Jahe ‘Mubarok’ Desa Sukaraja Nuban Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur)

Putri, Aulia Nindia (2022) Tinjauan Manajemen Bisnis Islam Terhadap Produksi Gula Jahe (Studi Kasus : Home Industri Gula Jahe ‘Mubarok’ Desa Sukaraja Nuban Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AULIA NINDIA PUTRI -1804041030 -ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Bagi pengusaha perlu mengetahui manajemen bisnis yang baik agar usaha dapat berjalan dengan baik pula. Manajemen yang diperlukan untuk bisnis yang baik terdiri dari manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen pemasaran, dan manajemen operasional. Layaknya sebuah usaha tentunya diperlukan manajemen dan komitmen untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan manajemen bisnis islam terhadap produksi gula jahe di Desa Sukaraja Nuban Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Manfaat yang diperoleh yaitu bahan masukan atau pertimbangan oleh masyarakat dalam memproduksi gula jahe yang sesuai dengan prinsip produksi dalam manajemen bisnis Islam.

Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Semua data-data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen bisnis Home Industri Gula Jahe “Mubarok” belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Dimana perencanaan biaya produksi dianggarkan home industri gula jahe “mubarok” hanya berdasarkan jumlah pesanan yang masuk. Hal ini berakibat ketika terjadi kenaikan harga bahan baku akan mempengaruhi harga jual produk dan jumlah produksi. Manajemen pemasaran yang diterapkan oleh home industri gula jahe juga masih manual (offline) membuat wilayah pemasaran gula jahe menjadi terbatas karena belum memanfaatkan media sosial sebagai sarana dalam mempromosikan produknya
Kata Kunci : Tinjauan, Manajemen Bisnis Islam, Produksi, Home Industri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:46
Last Modified: 18 Dec 2023 01:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item