Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VI SDN 1 Makarti Mulya Tahun Ajaran 2021/2022

Safrizal, Diki Kurnia (2022) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VI SDN 1 Makarti Mulya Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Diki Kurnia Safrizal -1801011039 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang telah peneliti lakukan yang berlokasikan di SDN 1 Makarti Mulya menemukan masalah yang menarik untuk diteliti yaitu, siswa kurang aktif saat pembelajaran, siswa mudah merasa jenuh, malas mengikuti pelajaran, sering tidak memperhatikan pelajaran, siswa yang mengalami kesulitan saat memahami pelajaran, sehingga mengurangi keaktifan peserta didik yang seharusnya mereka bersemangat untuk belajar dan antusias dalam menanggapi berbagai pelajaran yang diberikan oleh guru.

Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa? Dan faktor apa yang mempengaruhi keaktifan siswa kelas VI SDN 1 Makarti Mulya? Fokus dari penelitian ini adalah Upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas VI SDN 1 Makarti Mulya, Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VI SDN 1 Makarti Mulya dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat yang di hadapi guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer yang di gunakan adalah Guru PAI dan siswa kelas 6 SDN 1 Makarti Mulya Sumber data sekunder yaitu Kepala Sekolah dan guru bidang studi lain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek menggunakan triangulasi teknik.

Berdasarkan dari hasil penelitian upaya guru PAI dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SDN 1 Makarti Mulya adalah pemberian motivasi, memberikan umpan balik (feed back), penugasan kepada siswa, pemberian stimulus, membuat siswanya menjadi partisipasi dalam kelas, sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Ada beberapa kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keaktifan siswa, yaitu siswa yang sangat lambat dalam belajar, siswa yang kekurangan motivasi dalam belajar, siswa yang bersikap dan memiliki kebiasaan buruk, dan siswa yang sering tidak mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi tentang siswa yang sangat lambat dalam belajar, maka guru-guru membuat bimbingan pelajaran tambahan. Kekurangan motivasi yang diberikan kepada siswa akan mengurangi keaktifannya di dalam kelas. Untuk mengatasi kendala siswa yang sering tidak hadir seorang guru Pendidikan Agama Islam membuat jam tambahan terhadap siswa tersebut supaya siswa tidak ketinggalan pelajaran dengan teman-temannya.

Kata Kunci: Upaya Guru, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:02
Last Modified: 18 Dec 2023 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8841

Actions (login required)

View Item View Item