Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Komparasi Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SDN 1 Sumberagung

Amini, Nurul Asmawati (2022) Studi Komparasi Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SDN 1 Sumberagung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nurul Asmawati Amini - 1701050107 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pada pra survey yang dilakukan peneliti di SDN 1 Sumberagung ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes siswa dalam mengerjakan soal matematika materi pecahan. Dari 30 siswa yang nilai nya diatas 60 hanya sekitar 25% sisanya hanya mendapat nilai 60 kebawah. Penyelasaian masalah merupakan proses menerima tantangan dan usaha-usaha untuk menyelesaikannya. Suatu pertanyaan akan menjadi suatu masalah hanya jika seorang tidak bisa menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Quasi-eksperimen dan jenis penelitiannya Nonequivalen Control Grup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SD Negeri 1 Sumberagung, sedangkan sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung. Instrumen pengumpulan data untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berupa tes dalam bentuk esay. Materi yang digunakan adalah pecahan. Analisis data menggunakan uji t (uji paired sample t test).

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai 16,801 > 2,160 maka t hitung > t tabel, dan nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung Kkec Ambarawa Kab Pringsewu.

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Matematis, Pembelajaran Kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:41
Last Modified: 18 Dec 2023 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8861

Actions (login required)

View Item View Item