Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Menumbuhkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Lempuing Jaya

Karimah, Nurul (2022) Strategi Pembelajaran Interaktif Dalam Menumbuhkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Lempuing Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURUL KARIMAH -1801011108 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah upaya yang sistematis, terencana dan berkelanjutan, dan memiliki tujuan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kegiatan pembelajaran sejatinya adalah suatu lingkaran yang saling berkaitan antara pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran. strategi pembelajaran interaktif adalah proses yang memungkinkan siswa aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses pembelajaran, baik secara mental maupun fisik. Adapun permasalahan dalam menumbuhkan aktivitas belajar siswa yaitu dimana siswa cenderung bermalas-malasan dan interaksi yang terjalin kurang baik.

Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran interaktif dalam menumbuhkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Lempuing Jaya? Faktor apa yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Lempuing Jaya?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran interaktif dalam menumbuhkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Lempuing Jaya dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Lempuing Jaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research) sifatnya yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik pengambilan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi bahwa persiapan yang dilakukan guru sebelum mengajar. dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran mulai dari program tahunan, program semester, membuat RPP bahkan sampai dengan evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaanya guru menggunakan metode diskusi dimana guru membagi lima kelompok dan setiap kelompok terdiri dari lima siswa. Pada saat diskusi terlihat aktivitas yang dilakukan siswa yaitu bertanya dan menanggapi pertanyaan. Dalam menyampaikan materi guru menggunakan media power point dimana fokus perhatian siswa tertuju pada materi yang diampaikan oleh guru. Setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman yang meraka tangkap dan guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Strategi pembelajaran interaktif dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa terlihat dari aktivitas yang dilakukan siswa ketika diskusi dan proses tanya jawab yang dilakukan guru. Faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa yaitu keinginan untuk belajar yang ada dalam diri siswa, kesehatan fisik siswa, teman sebaya, metode dan materi pembelajaran.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Interaktif, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:41
Last Modified: 18 Dec 2023 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8862

Actions (login required)

View Item View Item