Ningsih, Reni Widia (2022) Peran Asatidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Nurul Iman Desa Ulak Rengas Kecamatan Abung Tinggi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RENI WIDIA NINGSIH - 1801010087 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an santri yang baik, tidak hanya dicapai dengan kegiatan pembelajaran yang tidak maksimal.Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari peran asatidz yang selalu memberikan bimbingan dan ilmu pengetahuan kepada santri.Semakin maksimal asatidz menjalankan perannya, kegiatan pembelajaran berjalan dengan maksimal dan memudahkan santri mengingat dan memahami materi, yang kemudian memberikan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an santri.
Kesenjangan atau permasalahan dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil pra survey yang diketahui dengan melakukan hasil wawancara dengan salah satu asatidz di TPA Nurul Iman, beliau mengungkapkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimiliki anak masih sangat rendah, sebagian besar dari mereka malas untuk belajar mengaji diluar lingkungan TPA, tidak memiliki keinginan untuk mengulas materi pembelajaran ketika di rumah. Selain itu juga, santri lebih senang bermain game daripada membaca Al-Qur’an, baik di mushola ataupun dirumah. Anak-anak lebih banyak bermain daripada belajar Al-Qur’an.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran asatidz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPA Nurul Iman dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat asatidz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran asatidz sangat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di TPA Nurul Iman yang dapat dilihat dari kemampuan santri dalam memahami dan menerapkan makhorijul huruf, kemampuan santri menerapkan ilmu tajwid, dan kemampuan santri dalam menggunakan lagu atau intonasi yang baik saat membaca Al-Qur’an. Penerapan peran asatidz yang baik dan maksimal akan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri, karena diberikannya pendidikan, pembimbingan dan pengarahan, santri akan dengan mudah memahami dan menerapkan mater-materi tentang Al-Qur’an.Yang mana peran asatidz yaitu sebagai pembimbing dan pendidik, asatidz sebagai pengarah, asatidz sebagai pelatih, asatidz sebagai penilai dan pengevaluasi. Selain itu juga, ada beberapa faktor yang mengahmbat asatidz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri, yaitu faktor dari diri santri sendiri, faktor asatidz, dan faktor dari orang tua.
Kata Kunci: Peran Asatidz, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, faktor Penghambat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:21 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8866 |
Actions (login required)
View Item |