Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kendala Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N 3 Depok Rejo Kecamatan Trimurjo

Sari, Tika Dwinda (2022) Kendala Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD N 3 Depok Rejo Kecamatan Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI TIKA DWINDA SARI - 1801052028 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan tentang kendala penggunaan media pembelajaran audio visual di kelas IV SD N Depok Rejo. Dalam proses pendidikan dibutuhkan seorang guru untuk membimbing. Guru dituntut agar mampu menjadikan proses pembelajaran itu berlangsung secara kondusif. Salah satunya seorang guru membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu dalam menyampaikan pesan kepada peserta didik, agar pesan yang disampaikan bisa lebih jelas dan mudah dipahami dalam peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa kendala yang terjadi. Hal tersebut yang menjadi alasan penulis untuk melakukan penelitian ini. Dengan pertanyaan penelitian yang akan penulis bahas sebagai berikut: Apa sajakah kendala dalam penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 3 Depok Rejo?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah kendala dalam penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD N 3 Depok Rejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data penelitian ini, yaitu triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kendala penggunaan media audio visual ini muncul dari berbagai sisi. Mulai dari sarana dan prasarana yang tersedia untuk mendukung pembelajaran audio visual masih terbatas. Sekolah hanya menyediakan laptop, pengeras suara dan jaringan internet saja. Keterbatasan media pembelajaran ini disebabkan karena tidak adanya dana untuk membeli. Kendala lainnya muncul dari sikap tertib beberapa peserta didik yang masih kurang. Namun sejauh ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual ini sudah dilakukan cukup baik dan efektif. Hal ini terbukti dari sikap peserta didik yang semangat dan antusias saat proses pembelajaran berlangsung, serta peserta didik sudah mampu menyebutkan dan mencontohkan kembali pembelajaran dengan tepat.

Kata kunci: Kendala, Audio Visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:23
Last Modified: 12 Dec 2023 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8871

Actions (login required)

View Item View Item