Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Inovasi Produk Dan Promosi Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Pada Setia Bakery Pekalongan Desa Adirejo 30A

Cahyani, Wida Azzah (2022) Inovasi Produk Dan Promosi Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Pada Setia Bakery Pekalongan Desa Adirejo 30A. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Wida Azzah Cahyani -1804040102 - ESy.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Minat beli merupakan tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Minat beli juga bisa mucul tanpa direncanakan setelah mendapatkan rasa keinginan atas produk yang telah dilihatnya , maka akan menimbulkan ketertarikan seseorang untuk membelinya. Semakin tinggi minat beli konsumen terhadap suatu produk maka semakin tinggi pula tingkat pembelian tersebut.Inovasi produk merupakan pengembangan produk-produk baru, dengan membuat sejumlah perubahan dalam desain produk yang sekarang. Dengan adanya inovasi produk, maka akan memberi nilai tambah di banding produk sejenis, sehingga akan meningkatkan penjualan.Serta promosi menjadi kunci utama dalam kampanye pemasaran , dan dirancang untuk merangsang pembelian produk atau layanan tertentu dengan lebih cepat oleh konsumen.

Penelitian ini dilakukan di Desa Adirejo 30a Pekalongan, tepatnya di Setia Bakery.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan secara langsung untuk melakukan pengamatan tentang kejadian yang terjadi secara alami. Dengan penelitian ini, peneliti berusaha mengumpulkan sumber-sumber yang relevan sebagai dasar penelitian yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentsi.Sumber Data yang digunakan yaitu sumber data primer diantaranya pemilik Setia Bakery, karyawan, dan konsumen. Serta data sekunder berupa buku, jurnal, catatan, dan dokumen pribadi.Dalam pengambilan sampel wawancara,peneliti menggunakan teknik Insidental Sampling. Insidental Sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila di pandang orang yang kebetulan ditemui itu sesuai sebagai sumber data. Wawancara dilakukan kepada pemilik Setia Bakery,karyawan,dan masyarakat atau konsumen disekitar Setia Bakery.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya kenaikan omzet Setia Bakery setelah melakukan penerapan inovasi produk dan promosi. Diantaranya meliputi menambah varian rasa pada roti,mengembangkan roti yang kurang diminati,memperbarui kemasan pada roti,promosi dari mulut ke mulut dan promosi menggunakan media sosial.

Kata kunci : Inovasi Produk, Promosi,Minat Beli Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:23
Last Modified: 12 Dec 2023 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item