Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMAN 3 Menggala

Damayanti, Alfina (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMAN 3 Menggala. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ALFINA DAMAYANTI -1801011012 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai pedoman umat Islam. Setiap umat Islam dianjurkan untuk mengajarkan dan membimbing baca Al-Qur’an, baik untuk dirinya sendiri, keluarganya maupun untuk orang lain. Di samping itu seorang muslim harus dapat memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan cara dan bimbingan dalam membaca Al-Qur’an.

Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 3 Menggala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru penedidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMAN 3 Menggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa SMAN 3 Menggala yaitu dilakukan dengan upaya melalui penerapan metode qiroati. Metode qiroati diterapkan guru untuk menjelaskan materi pembelajaran tentang ilmu tajwid dan sekaligus untuk memperaktekkan contoh bacaan ayat Al-Quran yang baik dan yang benar. Metode ini terbukti efektif untuk digunakan untuk siswa yang masih tergolong kurang dalam membaca Al-Qur’an. Selain menggunakan metode qiroati guru juga menerapkan metode sorogan atau setoran bacaan, metode ini diterapkan guru agar siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum bacaan ilmu tajwid. Melalui setoran bacaan Al-Qur’an siswa dapat mempelajari dan menerapkan meteri yang telah dijelaskan oleh guru dan siswa dapat mengembangkan minat membaca Al-Qur’an yang ada dalam dirinya. Untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa guru menggunakan media pembelajaran yaitu melalui penggunaan media audio visual berupa video pembelajaran tentang ilmu tajwid yang dibantu dengan alat LCD Proyektor. Dengan penggunaan media audio visual akan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi pada isi pembelajaran.

Kata kunci: Upaya guru, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:41
Last Modified: 18 Dec 2023 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item