Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Nasabah Pada Pembiayaan Modal Usaha (Studi pada BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo)

Khotimah, Qori Fatmaul (2023) Implementasi Strategi Pemasaran Untuk Menarik Minat Nasabah Pada Pembiayaan Modal Usaha (Studi pada BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
QORI FATMAUL NPM. 1903020046.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan modal usaha merupakan salah satu pembiayaan yang digemari oleh masyarakat. Pembiayaan modal usaha dari tahun 2019 hingga tahun 2022 mengalami kenaikan. Walaupun di akhir tahun 2019 terjadi wabah covid-19 namun pembiayaan modal usaha di BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo tidak mengalami penurunan peminat. Sehingga mempunyai daya tarik tersendiri pada produk modal usaha di BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo dalam strategi pemasarannya. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah pada pembiayaan modal usaha.

Peneliti memilih jenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran untuk menarik minat nasabah pada pembiayaan modal usaha pada BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo dalam meningkatkan minat nasabah dengan menggunakan strategi bauran pemasaran (mix marketing) 7P. Strategi bauran pemasaran (marketing mix) 7P yaitu: produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (proccess). Strategi yang paling unggul dalam menarik minat nasabah adalah strategi harga dan promosi. Strategi harga yaitu bebas biaya administrasi serta margin dapat di tawar. Strategi promosi yang dilakukan oleh BPRS Aman Syariah Kantor dengan membagikan brosur, mengadakan sosialisasi, memanfaatkan media sosial dan mendatangi rumah ke rumah (door to door) sehingga memudahkan nasabah dalammelakukan pembiayaan sehingga sangat berpengaruh terhadap peningkatan minat nasabah.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Nasabah, Pembiayaan Modal Usah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:37
Last Modified: 12 Dec 2023 08:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item