Nurrohimah, Rani Arsita (2022) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Mind Mapping Di TPQ Nurul Anwar Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS RANI ARSITA NURROHIMAH - 2071010028 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan suatu lembaga yang memberikan layanan berupa pengetahuan, keterampilan dalam menulis, membaca dan mengamalkan Al-Qur’an serta pembentukan akhlak dan kepribadian islamiah agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. TPQ Nurul Anwar menjadi salah satu TPQ yang ada di Tejosari Metro Timur yang keseluruhan jumlah santri ±50 santri TPQ dengan tenaga pengajar 3 guru. Hal tersebut menjadi daya minat peneliti untuk meneliti pada lembaga TPQ tersebut.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Dalam proses pengembangan ini dilakukan dengan konsultasi kepada tim ahli validasi materi bahan ajar dan validasi ahli desain bahan ajar untuk mendapatkan masukan dan saran tentang bahan ajar yang dikembangkan. Untuk mengetahui akseptabilitas produk maka dilakukan uji ahli validasi materi dan desain bahan ajar. Instrument penelitian yang digunakan ini berupa angket untuk mengetahui kelayakan dan kesesuaian produk bahan ajar.
Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi uji ahli materi bahan ajar dan desain bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar TPQ berbasis mind mapping memenuhi kriteria sangat layak. Total yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi mendapatkan 85% dan validasi ahli desain mendapatkan total 88,66%. Sedangkan hasil penilaian kesesuaian berdasarkan angket dari anak-anak TPQ yang diberikan kepada 15 anak-anak TPQ mendapatkan nilai presentase 84,8% yang termasuk ke dalam kategori sangat sesuai.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Anwar untuk meningkatkan akhlakul karimah pada anak-anak TPQ serta meningkatkan nilai dan rasa keislaman serta peduli antar sesama dalam diri anak. Keberadaan TPQ ini sangat efektif, hal ini dikarenakan proses pembelajarannya anak tidak hanya mendapatkan pelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an saja tetapi juga mendapatkan pengetahuan keagamaan lainnya yang juga tak kalah pentingnya seperti hafalan-hafalan, praktek ibadah, akidah akhlak dan lain sebagainya.
Kata Kunci: TPQ, Bahan Ajar, Keagamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:36 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8898 |
Actions (login required)
View Item |