Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD

Wijayanti, Arum (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ARUM WIJAYANTI 1901031012 PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 2 Adijaya Lampung Timur yang belum digunakannya bahan ajar selain buku cetak, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan bahan ajar berupa LKPD berbasis pendekatan kontekstual guna menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar matematika khususnya materi kubus dan balok, pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa sesuai konteks yang ada pada lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cetak berupa LKPD berbasis pendekatan kontekstual dengan materi Bangun Ruang Kubus dan Balok pada kelas V SDN 2 Adijaya Semester Genap.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or production, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli materi, dan media untuk mengetahui kevalidan LKPD, sedangkan untuk mengetahui kepraktisan dan kemenarikan LKPD menggunakan angket dari peserta didik dan pendidik. Hasil penelitian ini dikatakan layak digunakan berdasarkan analisis data kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan tersebut.

Produk hasil pengembangan LKPD berbasis kontekstual dibuat dalam bentuk cetak yang telah disesuaikan dengan kriteria LKPD dan Kurikulum yang digunakan di sekolah. Hasil penilaian kevalidan diperoleh dari validasi ahli materi 91,5% dan ahli media 86% termasuk kedalam kategori sangat valid dan valid. Sedangkan hasil penilaian kepraktisan dan kemenarikan berdasarkan angket dari peserta didik yang diberikan kepada 16 siswa memperoleh nilai persentase 4,5% dan dari pendidik memperoleh nilai presentase 4,2% termasuk kedalam kategori praktis dan menarik.
Kata Kunci: LKPD, Pendekatan Kontekstual, dan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:55
Last Modified: 09 Jan 2024 02:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8906

Actions (login required)

View Item View Item