Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Sunan Ampel Punggur

Suwantini, Pancas (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Sunan Ampel Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Pancas Suwantini.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi aritmatika sosial dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan pendidik di SMP Sunan Ampel Punggur kurang menarik dan masih menggunakan LKS terbitan yang menggunakan kertas buram. Selain itu, peserta didik cenderung menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, pembelajaran yang kurang menarik dan cenderung membosankan karena pembelajaran masih berpusat pada pendidik sehingga peserta didik kurang berperan aktif ketika pembelajaran berlangsung.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis problem based based learning pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)atau biasa dikenal dengan istilah R&D dengan model pengembangan mengacu pada prosedur pengembangan ASSURE. Model ini memiliki 6 tahapan utama yaitu Analyze learners (analisis peserta didik), State standard and objectives (menentukan tujuan pembelajaran), Select methods, media and materials (memilih metode, media, dan materi pembelajaran), Utilize media and materials (pemanfaatan produk yang telah dikembangkan), Require learner participation (melibatkan peserta didik), Evaluate (evaluasi).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil pengembangan bahan ajar LKPD berbasis problem based learning diperoleh persentase nilai dari validator ahli materi sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Valid”. (2) Hasil pengembangan bahan ajar LKPD berbasis problem based learning diperoleh persentase nilai yang diberikan oleh ahli media sebesar 83,75% dengan kriteria “Sangat Valid”. (3) Bahan ajar LKPD berbasis problem based learning dianggap praktis, hal ini dapat dilihat dari hasil angket penilaian pendidik sebesar 83,33% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan hasil angket penilaian peserta didik sebesar 83,59% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian LKPD berbasis problem based learning yang peneliti kembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci : ASSURE, Bahan Ajar, LKPD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:51
Last Modified: 18 Dec 2023 01:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8909

Actions (login required)

View Item View Item