Hajijah, Nurul (2023) Analisis SWOT Dalam Pengembangan Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NUR HAJIJAH - 1804040073.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pasar tradisional merupakan representasi dari ekonomi rakyat, ekonomi kelas bawah, serta tempat bergantung para pedagang skala kecil menengah. Pasar tradisional sebenarnya menawarkan banyak kelebihan. Selain harganya yang diberikan lebih murah, berbagai kebutuhan di pasar tradisional masih bisa ditawar. Hal itu sangat cocok dengan masyarakat Indonesia. Pasar Simbarwaringin merupakan salah satu pasar tradisional yang berlokasi di Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Meskipun pasar Simbarwaringin telah melaksanakan pengembangan pasar yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ada di pasar, namun persaingan dengan ritel modern kian tidak seimbang karena produk yang dijual relatif serupa, sehingga banyak pelaku usaha yang berinvestasi dan konsumen yang beralih ke pasar modern karena fasilitas dalam berbelanja di pasar modern kemungkinan lebih nyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis SWOT dalam pengembangan Pasar Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan analisis SWOT dalam pengembangan Pasar Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah dilakukan dari keempat analisis SWOT yaitu 1) Strength (Kekuatan) Pasar Simbarwaringin dapat dilihat dari kondisi pasar yang cukup baik, produk dan dagangan yang memadai di Pasar Simbarwaringin, sarana dan prasarana atau fasilitas di Pasar Simbarwaringin yang cukup memadai, kebersihan lingkungan pasar cukup bersih, serta harga dapat ditawar pembeli, 2) Weaknesses (Kelemahan) Pasar Simbarwaringin yaitu tidak adanya ATM di Pasar Simbarwaringin, kualitas sumber daya manusia belum memadai, belum terselenggara pinjaman dana bagi pelaku usaha, serta penataan ruang yang kurang mendukung pedagang berjualan di Pasar Simbarwaringin, 3) Opportunities (Peluang) Pasar Simbarwaringin yaitu pelayanan yang bagus, tingginya daya beli konsumen di Pasar Simbarwaringin, kemampuan Pasar Simbarwaringin dalam bersaing dengan pasar lain, dan promosi pedagang di Pasar Simbarwaringin dengan media sosial, dan 4) Threats (Ancaman) Pasar Simbarwaringin yaitu maraknya pasar modern, maraknya pedagang keliling, kondisi cuaca, harga produk yang tidak stabil.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Pengembangan Pasar Tradisional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:32 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:32 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8911 |
Actions (login required)
View Item |