Sari, Novita (2023) Tugas Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membimbing Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
NOVITA SARI (1901011122).pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Tugas guru bimbingan dan konseling membimbing dan mengarahkan siswa supaya tetap menjaga kedisiplinan dan mantaati peraturan sekolah, meskipun guru bimbingan dan konseling sudah membimbing dengan baik tetapi masih terdapat siswa yang masih melanggar peraturan sekolah. Hal ini tidak lepas dari tugas guru bimbingan dan konseling dalam mengingatkan dan membimbing kedisiplinan siswa.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Tugas Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Membimbing Kedisiplinan Siswa di MAN 1 Lampung Timur?"
Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui “Tugas Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membimbing Kedisiplinan Siswa di MAN 1 Lampung Timur”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dalam penelitian ini peneliti akan menggambarkan tugas guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Lampung Timur. Sedangkan sifat penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukan tugas guru bimbingan dan konseling dalam membimbing kedisiplinan siswa di MAN 1 Lampung Timur yaitu memberi bimbingan seperti bimbingan individu, dan bimbingan kelompok , menasehati, yaitu menasehati siswa yang melanggar kedisiplinan sekolah agar siswa menjadi lebih baik, memberi layanan, yaitu memberikan layanan kepada siswa yang ingin berkonsultasi tentang masalah yang sedang mereka hadapi untuk mecari jalan keluar. Guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Lampung timur juga memberikan contoh kedisiplinan waktu kepada siswa. Kedisiplinan siswa ada dua macam yaitu disiplin negatif masih ada siswa yang melanggar tata tertib sekolah, tetapi setelah melakukan bimbingan siswa menjadi lebih baik dengan datang kesekolah tepat waktu dan memakai atribut lengkap saat upacara. Sedangkan disiplin positif siswa mematuhi peraturan-praturan yang ditetapkan sekolah.
Kata Kunci: Tugas, bimbingan, dan Kedisiplinan Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:14 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8912 |
Actions (login required)
View Item |