Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen MultiMart 41 Batanghari Lampung Timur

Charolin, Erza Widya (2023) Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen MultiMart 41 Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Erza Widya Charolin - 1903011044 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Industri ritel di daerah Lampung merupakan salah satu daerah yang banyak mengalami perubahan belakangan ini. Banyaknya pesaing dalam usaha bisnis harus memiliki langkah strategis guna meningkatkan daya saing usaha. Faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah harga, kualitas produk dan customer experience. Konsumen yang puas terhadap harga, kualitas produk dan pengalaman berbelanja cenderung untuk membeli kembali produk tersebut di tempat yang sama. Hal itulah yang menjadi latar belakang penelitian ini, karena peneliti ingin mengetahui apakah kontribusi harga, kualitas produk, dan customer experience atau pengalaman mempengaruhi kepuasan konsumen pada toko ritel MultiMart 41 Batanghari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga kualitas produk, dan customer experience terhadap kepuasan konsumen MultiMart 41 Batanghari. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan dokumentasi. Kemudian teknis analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi linier berganda, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 0,227 < ttabel 1,986, pengaruh tersebut hanya sebesar 1,2%. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 3,951 > ttabel 1,986, pengaruh tersebut sebesar 40,6%. Customer experience berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 2,057 > ttabel 1,986, pengaruh tersebut sebesar 16,1%. Dan secara simultan terdapat pengaruh antara harga, kualitas produk dan customer experience terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Fhitung 41,812 > Ftabel 2,704, pengaruh tersebut sebesar 57,9%. Sedangkan sisanya, yaitu 42,1% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Customer Experience dan Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:53
Last Modified: 20 Dec 2023 02:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8922

Actions (login required)

View Item View Item