Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Bertransaksi Gadai Emas Di BPRS Metro Madani Kc Jatimulyo

Atmaja, Muhammad Habiel Putra (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Bertransaksi Gadai Emas Di BPRS Metro Madani Kc Jatimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD HABIEL PUTRA ATMAJA - 1903022013 - PBS.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan dunia perbankan terus mengalami kemajuan yang signifikan. Salah satu perkembangan yang sangat pesat saat ini yaitu perkembangan di bidang jasa/layanan. Kini perbankan menghadirkan berbagai macam produk-produk yang berlandaskan prinsip syariah, seperti contohnya Gadai Emas. Di era ini gadai emas bukan lagi istilah yang asing bagi masyarakat Indonesia, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan untuk berjaga-jaga saat kondisi mereka sedang membutuhkan uang mendesak. Dengan adanya gadai emas akan memberikan keuntungan bagi beberapa pihak, baik kepada nasabah maupun pihak perbankan itu sendiri. Salah satu keuntungan bagi nasabah yaitu dapat memberikan bantuan berupa tambahan dana dan saat bertransaksi prosesnya yang menghemat waktu dan biaya. Peneliti bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang paling dominan mempengaruhi minat dalam bertransaksi Gadai Emas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi minat bertransaksi gadai emas di BPRS Metro Madani Kc Jatimulyo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersikap deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentas. Wawancara dilakukan kepada nasabah BPRS Metro Madani Kc Jatimulyo, kemudian semua data tersebut di analisis secara induktif.

Hasil dari penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi minat bertransaksi Gadai Emas di BPRS Metro Madani Kc Jatimulyo. Faktor internal terdiri dari faktor pribadi dan faktor sosial, Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor promosi dan faktor kebudayaan. yang paling dominan mempengaruhi minat bertransaksi adalah faktor Pribadi.

Kata Kunci: Gadai emas, faktor internal dan faktor eksternal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:34
Last Modified: 20 Dec 2023 02:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item