Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru PAI Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Ma’arif Seputih Banyak

Setiawan, Hendra (2023) Strategi Guru PAI Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Ma’arif Seputih Banyak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Hendra Setiawan - 1901011071 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran yang sukses dan berjalan dengan baik didalamnya memiliki beberapa teknik, seperti materi yang baik, media yang beragam, ruang belajar luas, lingkungan sekolah nyaman, strategi belajar yang inovatif, dan lain sebagainya. Strategi pembelajaran merupakan serangkaian perencanaan yang telah disusun sedemikian baik oleh guru supaya dalam pelaksanaan belajar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Strategi pembelajaran merupakan modal yang dimiliki oleh seorang guru, termasuk guru PAI. Strategi yang digunakan oleh guru PAI khususnya dalam memotivasi siswa untuk terus belajar dapat terlihat dari tutur kata yang baik dan sopan, akhlak yang baik serta contoh Islam yang dapat memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi yang digunakan guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Ma’arif 1 Seputih Banyak.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis kualitatif lapangan. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah guru PAI kelas X, sedangkan sumber data sekunder adalah siswa dan Kepala Sekolah SMA Ma’arif 1 Seputih Banyak. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat strategi guru PAI dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Ma’arif 1 Seputih Banyak. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang diperoleh peneliti bahwa guru guru PAI menggunakan strategi yang bervariasi dalam memotivasi siswa kelas X. Guru PAI menggunakan strategi penyampaian nasehat di kelas untuk terus belajar, pendekatan siswa secara personal ataupun kelompok, menggunakan proyektor dan laptop agar belajar lebih menarik, kolaborasi dengan guru lain. Adapun faktor penghambat strategi yang digunakan guru PAI memotivasi siswa yaitu dari ketidak hadiran siswa dan terdapat siswa yang sulit diberikan arahan. Ini merupakan kendala yang dihadapi oleh guru PAI tentunya sehingga dalam pelaksanaan siswa tidak banyak dan pembelajaran tidak maksimal.

Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:34
Last Modified: 20 Dec 2023 02:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8927

Actions (login required)

View Item View Item