Venora, Venti (2023) Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Umrah dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah PT Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
VENTI VENORA 1903041021.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penyelenggaraan ibadah umrah selama ini dinilai kurang efektif dan efisien hal ini turut mempengaruhi kulitas pelayanan dan perlindungan jamaah haji. Agar tujuan pelaksanaan ibadah umrah selalu sukses dan mencapai target yang diinginkan jamaah dalam menunaikan ibadah umrah bisa diperoleh secara sempurna. Tentunya penyelenggaraan pelayanan ibadah umrah ini tak luput dari aspek manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Umrah Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah PT Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) Bandar Lampung.
Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari staf manajemen pelayanan umrah dan jamaah umrah tahun 2022. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan Manajemen Pelayanan, Kepuasan Jamaah, dan Umrah serta diperoleh dari dokumen profil PT Amanah Safari Internasional (Asafi Tour). Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Umrah yang diterapkan PT Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) dalam meningkatkan kepuasan jamaah yaitu: menerapkan fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, Controling. PT Amanah Safari Internasional (Asafi Tour) memberikanpelayanan berupa administrasi, Transportasi, akomodasi, konsumsi, dan kesehatan serta memberikan pembinaan manasik dan perlindungan selama perjalanan. Manajemen pelayanan yang diberikan kepada jama‟ah dengan sistem pelayanan lebih profesional dan baik, terbukti dengan respon dan kenyamanan yang dialami oleh para jama‟ah dan adanya peningkatan jumlah jama‟ah tiap tahun yang bertambah. PT Amanah Safari Internasional (Asafi Tour), sangat memperlihatkan etos karyawan yang tinggi dengan standar pelayanan 5S (Senyum, Salam , Sapa, Sopan dan Santun) dan menunjukkan sikap selalu siap untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap jama‟ahnya, serta memiliki ketrampilan, kehandalan, berpenampilan baik dan rapi (good performance), bersikap ramah serta mampu berkomunikasi dan menciptakan hubungan yang baik (good relationship) dengan jama‟ah.
Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Kepuasan Jamaah, Umrah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 02:35 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 02:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8931 |
Actions (login required)
View Item |