Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Kompetensi SUmber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Natar Lampung Selatan)

Rahmawati, . (2022) Pengembangan Kompetensi SUmber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi pada Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Natar Lampung Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
RAHMAWATI SKRIPSI -1502100294 PBS - Rahma w.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan satu-satunya sumber daya yang memiliki akal perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, daya, karya (rasio, rasa, karsa). Semua potensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap upaya organisasi dalam mencapai tujuan. Betapapun majunya teknologi, perkembangan informasi, tersedianya modal dan memadainya bahan, jika tanpa sumber daya manusia sulit bagi organisasi itu mencapai tujuan.

Kompetensi merupakan kemampuan individu untuk melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas yang dilandasi atas keterampilan dan pengetahuan serta didukung oleh sikap kerja yang dituntut oleh pekerjaan tersebut. Agar terwujud pelayanan yang prima dan berkualitas dalam suatu lembaga atau organisasi, maka perlu dilakukan berbagai
upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM, baik yang berkenaan dengan kualitas maupun kinerja setiap karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi SDM terhadap kualitas pelayanan di Bank Lampung KCP Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pengembangan SDM divisi customer service dan Teller di Bank Lampung KCP Natar bahwa pelatihan diadakan secara berkala dengan tujuan dapat memuaskan
nasabah/ calon nasabah dengan cara memberikan pelayanan berkualitas tinggi. Adapun pelatihan dan pengembangan SDM yang dilaksanakan di Bank Lampung
KCP Natar antara lain, pelatihan service excellence atau pelayanan prima yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah/ calon nasabah dan sosialisasi dan pelatihan akses e-KTP yang bertujuan untuk
mengetahui apakah NIK nasabah/ calon nasabah sudah terdaftar di DISDUKCAPIL. Pelatihan sangat berpengaruh bagi sumberdaya manusia karena dengan adanya pelatihan tersebut sumberdaya manusianya akan terdorong untuk
dapat meningkatkan produktivitas kerjanya. Jika hal tersebut dilakukan maka akan membuat nasabah semakin tertarik, sehingga makin banyak nasabah yang akan melakukan transaksi dengan Bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:15
Last Modified: 21 Feb 2024 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8938

Actions (login required)

View Item View Item