Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Samyang (Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2021 IAIN Metro)

Nirmala, Kholifatun (2023) Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Mie Samyang (Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2021 IAIN Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Tingginya angka konsumsi mie instan di Indonesia pada posisi kedua setelah Negara China-Hongkong yang konsumsinya mencapai 46, 350 miliar bungkus. Kenaikan nilai pasar mie instan diperkirakan mencapai triliun rupiah, salah satu yang paling terkenal adalah Mie Samyang yakni produk asli Korea yang di impor ke Indonesia. Produsen Mie Samyang memiliki beberapa varian produk, yaitu: Green Samyang, Hot Chicken, Carbonara. Produk tesebut sudah berlabel halal, karena pengajuannya sertifikasi halal cukup lama.maka beredar bahwa produk tersebut mengandung minyak babi sehingga mie Samyang mengalami penurunan penjualan pada awal bulan januari-oktober tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh labelitas halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk mie samyang (konsumen pada produk mie samyang).

Penelitian ini menggunakan data primer yang pengumpulan datanya menggunakan kuisioner dan dokumentasi.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis kuantitatif, menggunakan uji asumsi klasik (normalitas, linieritas, heteroskedastisitas) dan analisis uji regresi berganda (uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 22.Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2019-2021 IAIN Metro.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel independen yang paling mempunyai hubungan positif dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk mie samyang ini adalah variable label halal, karena nilai signifikan dengan nilai F hitung sebesar 2450,332 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2,47 atau Signifikansi F sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai α sebesar 0,05, melihat label halal paling berpengaruh berarti anak milenial sekarang tidak hanya mengikuti trend sosial namun juga memperhatikan label halal pada makanan yang akan dikonsumsi.

Kata Kunci : Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, dan Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:00
Last Modified: 20 Dec 2023 04:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item View Item