Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Kepala Madrasah Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Peserta Didik di MA Roudlotul Huda Purwosari Padang Ratu Lampung Tengah

Mufid, Saiful (2023) Strategi Kepala Madrasah Dalam Penguatan Karakter Religius Pada Peserta Didik di MA Roudlotul Huda Purwosari Padang Ratu Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS SAIFUL MUFID - 2071010032 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Tantangan zaman menjadi pekerjaan rumah di lembaga pendidikan formal. Madrasah menjadi salah satu pondasi yang membentengi anak dalam mengarungi perubahan zaman yang kian masif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan alah membekali anak didik dengan penanaman nilai-nilai karater religius pada lembaga Madrasah. Pendidikan karakter bukanlah sebuah pendidikan yang hanya sekedar mentransfer pengetahuan (transfer of knowledge) dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam pendidikan karakter juga harus mentransfer nilai dan menjadikan itu sebagai kebiasaan yang dilakukan secara berkesinambungan oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui strategi penguatan karakter religius pada peserta didik di MA Roudlotul Huda Purwosari dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi penguatan karakter religius pada peserta didik di MA Roudlotul Huda Purwosari Padang Ratu Lampung Tengah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MA Roudlotul Huda Purwosari, Padang Ratu Lampung Tengah. Subyek penelitian yaitu: Kepala Madrasah, waka kesiswaan, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Trianggulasi Sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan Strategi yang diterapkan MA Roudlotul Huda Purwosari dalam penguatan karakter religius pada anak didik adalah: 1). Motivasi anak didik, 2). Penguatan nilai-nilai moral, 3). Pembiasaan, 4). Keteladanan, 5). Kedisiplinan, 6). Hukuman (punishment). Faktor pendukung dalam penguatan karakter religius pada anak didik adalah: 1). Kebijakan kepala madrasah, Kerjasama yang baik kepala madrasah dengan guru, Kerjasama yang baik antara madrasah dengan wali murid, Hubungan yang baik sesama guru. Faktor penghambat yaitu: Kesadaran siswa, sikap pendidik, sikap pendidik dan faktor Perkembangan teknologi.

Kata Kunci: Strategi, Karakter religius, peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:49
Last Modified: 21 Feb 2024 01:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8947

Actions (login required)

View Item View Item