Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS secara Daring di MTS Miftahul Huda Lehan

Aini, Lativatul (2022) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS secara Daring di MTS Miftahul Huda Lehan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI - Lativatul Aini.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

individu sebagai akibat dari interaksi dengan lingkungannya yang kemudian menghasilkan perubahan yang bersifat relatif tetap (konstan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi guru
terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto. Populasi sampel sebanyak 61 Peserta didik. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunkanan program SPSS Versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (Kompetensi Guru) terhadap Variabel Y1(Aktivitas Peserta Didik) dan Variabel Y2 (Hasil Belajar). dengan persamaan regresinya yaitu Y=70.581+0.258+0.062. Pada Regresi Linier antara Variabel X terhadap Variabel Y1 dan Y2 diketahui niliai signifikansi untuk pengaruh variabel X terhadap variabel Y1 dan Y2 secara simultan yaitu sebesar 0.008<0.05 dan nilai Fhitung sebesar 5.295>Ftabel3.16. Dari hasil output data diatas, artinya ada pengaruh signifikan antara variabel X terhadap Variabel Y1 dan Y2. Berdasarkan output tabel uji determinasi variabel X terhadap variabel Y1, besarnya nilai korelasi/ hubungan R adalah 0,688. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,473 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y1 sebesar 47,3%. Berdasarkan output tabel uji determinasi variabel X terhadap variabel Y2 tersebut, besarnya nilai korelasi/ hubungan R adalah 0,394. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,155 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y2 15,5%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yaitu ada pengaruh kompetensi guru dengan hasil belajar peserta didik pada pembelajarn IPS secara daring di MTs Miftahul Huda Lehan dengan korelasi sangat rendah. Berdasarkan output tabel uji determinasi variabel X terhadap variabel Y1 dan variabel Y2, besarnya nilai korelasi/ hubungan R adalah 0,399. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,159 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y1 dan Y2 15,9%. Berdasarkan hal tersebut ditarik kesimpulan bahwa H3 diterima yaitu ada pengaruh kompetensi guru terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajarn IPS secara daring di MTs Miftahul Huda Lehan dengan korelasi sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:15
Last Modified: 21 Feb 2024 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8954

Actions (login required)

View Item View Item