Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Promosi Pedagang Sayur Keliling Dalam Marketing Syariah (Studi pada Pedagang Sayur Keliling di Desa Negeri Sari)

Sholihah, Mudahatus (2023) Analisis Strategi Promosi Pedagang Sayur Keliling Dalam Marketing Syariah (Studi pada Pedagang Sayur Keliling di Desa Negeri Sari). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUDAHATUS SHOLIHAH - 1903012031 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian yakni pedagang sayur keliling di Desa Negeri Sari yang sudah bertahun-tahun berjualan tetapi belum mengalami perkembangan yang signifikan sehingga penjualan masih dalam keadaan yang stagnan atau belum mengalami peningkatan yang relatife baik. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi promosi pedagang sayur keliling di Desa Negeri Sari dalam marketing syariah

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan sebagai dasar dalam melakukan analisis data penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Objek dalam penelitian ini yaitu 3 (tiga) pedagang sayur keliling dan cara penyajian data menggunakan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian pedagang sayur keliling di Desa Negeri Sari bahwa mereka sudah menerapkan strategi promosi yaitu periklanan (adversiting), promoi penjualan (sales promotion), penjualan personal (personal selling), hubungan masyarakat (publisitas), dan pemasaran langsung (direct marketing) dengan melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook atau lewat telepon biasa, memberikan harga khusus (diskon), pinjaman (utang), untuk dapat meningkatkan penjualan pada produk dagangan yang ditawarkan. Sedangkan menurut pemasaran syariah pedagang sayur keliling di Desa Negeri Sari mereka melakukan dengan cara baik, tidak ditemukan unsur-unsur maisir, gharar, dan bathil sebagaimana dilarang dalam pemasaran syariah. barang dagangan yang dijual juga barang-barang terbaik, penyampaian produk juga tidak ada mengandung unsur penipuan demi mendapatkan keuntungan lebih besar, sehinggga tidak bertentangan dengan perspektif pemasaran islam.

Kata Kunci : Strategi Promosi, Pemasaran Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Dec 2023 09:00
Last Modified: 28 Dec 2023 09:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item