Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa SMP TMI (Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al-Islamiyyah) Roudlatul Qur’an Metro

Warianti, Tutik (2023) Upaya Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa SMP TMI (Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al-Islamiyyah) Roudlatul Qur’an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Tutik Warianti - 2001011104 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

SMP TMI (Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al-Islamiyyah) Roudlatul Qur’an merupakan sekolah swasta yang berada di Metro. Di sekolah tersebut terdapat berbagai siswa yang berasal dari daerah yang berbeda dan juga suku yang berbeda. Dengan adanya peraturan menteri agama yang menyatakan bahwa guru agama dituntut untuk dapat memperkuat moderasi beragama di kalangan siswa, maka guru PAI di SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro melakukan upaya implementasi nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa.

Pertanyaan penelitian ini yaitu Bagaimana Upaya Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa SMP TMI (Tarbiyatul Muallimin Wal Muallimat Al-Islamiyyah) Roudlatul Qur’an Metro?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru PAI Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro.

Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan yang kemudian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah serta memanfaatkan berbagai metode alamiah. Penelitian ini bertempat di SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro. Sumber data penelitian ini ada 2 yaitu sumber data primer dan sekunder. Adapun sumber data primer dari penelitian ini ialah Guru PAI Kelas VII sampai Kelas IX dan Siswa Kelas VII sampai kelas IX. Dan sumber data sekundernya ialah Kepala Sekolah dan Wali Kelas VII sampai Kelas IX. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara meredukasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya guru PAI mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro dilakukan dengan 2 upaya yaitu upaya guru PAI dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa melalui pembudayaan kelas dan upaya guru PAI dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa melalui lingkungan sekolah.

Kata kunci : Guru PAI, Implementasi, Nilai-Nilai Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:52
Last Modified: 09 Jan 2024 02:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8969

Actions (login required)

View Item View Item