Rahayu, Suci (2023) Pengaruh Bimbingan Guru Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Di MA Al-Asror Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Suci Rahayu - 1901012039 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Akhlak setiap manusia dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, pada mata pelajaran akidah akhlak terdapat siswa yang masih memiliki akhlak yang kurang baik terhadap guru dan teman sejawatnya hal ini disampaikan oleh guru akidah akhlak sebagai narasumber dalam penelitian ini. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka batasan masalah pada penelitian ini yaitu bimbingan belajar guru akidah akhlak terhadap akhlak madzmumah siswa belum berhasil, berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan masalah yaitu apakah ada pengaruh bimbingan guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa di MA Al-Asror Sekampung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan mengambil lokasi di MA Al-Asror Sekampung. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Product moment. Berdasarkan analisis data, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil penarikan angket tentang bimbingan guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa dengan menggunakan 27 siswa sebagai responden dalam penelitian dan peneliti menggunakan kuisioner tak langsung dalam melaksanakan penelitian.
Berdasarkan perhitungan besarnya koefisien korelasi dengan menggunakan rumus uji t, adapun harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 5,021. Berdasarkan harga tersebut bahwa thitung lebih besar dari ttabel 5,021>2,059 (thitung>ttabel), kemudian berdasarkan tabel interprestasi dapat diketahui bahwa nilai rxy sebesar 0,397 berada di antara nilai interval koefisien 0,200 sampai dengan 0,400 dan tingkat hubungan variabel X (bimbingan guru akidah akhlak) dan Y (akhlak siswa) yaitu tergolong rendah, Selanjutnya peneliti menggunakan rumus koefisien kontingensi diperoleh presentase 20% yang dimana hasilnya antara variabel X (bimbingan guru akidah akhlak) dan Y (akhlak siswa) kurang erat dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara variabel X (bimbingan guru akidah akhlak) terhadap variabel Y (akhlak siswa). Hasil angket (kuisioner) yang telah peneliti berikan kepada responden, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif bimbingan guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa. Bimbingan guru akidah akhlak (variabel X) termasuk salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi akhlak dalam diri siswa itu sendiri (variabel Y).
Kata kunci: Bimbingan guru akidah akhlak, Akhlak Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:04 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 03:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8972 |
Actions (login required)
View Item |