Sari, Diah Arum (2022) Efektivitas E-Learning terhadap Hasil Belajar PAI Jenjang Paket C Setara SMA Mahir 2 di PKBM Al-Suroya Metro Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DIAH ARUM SARI - Diah Arum Sari.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran PAI yang semestinya dilaksanakan secara langsung dan tatap muka, dengan adanya pandemi saat ini disesuaikan menjadi pembelajaran secara daring atau online diselingi dengan satu kali pembelajaran tatap muka, sehingga dalam waktu tiga minggu dilaksanakan pembelajaran PAI sebanyak tiga kali dengan ketentuan satu kali pertemuan tatap muka dan dua kali pembelajaran secara online. Maka pemberian materi pembelajaran dialihkan melalui e-learning di PKBM Al Suroya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka fokus dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI di PKBM Al Suroya Metro.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitati dengan sifat penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 200 siswa. Sedangkan sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sample frame. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh pembelajaran menggunakan efektivitas e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di PKBM Al Suroya Metro maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji parsial (T) untuk variabel Efektivitas E-Learning (X) diperoleh hasil 11,797 artinya thitung > ttabel yaitu 11,797 > 1,667. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini mendukung hipotesis satu Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya antara variabel Efektivitas E-Learning (X) berpengaruh secara positif signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) pada PKBM Al-Suroya Metro. Maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas E-Learning mampu mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran PAI pada PKBM Al-Suroya Metro. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diperkuat kembali dengan hasil uji koefisien determinasi hal ini ditunjukan dengan nilai R Square sebesar 0,744. Artinya bahwa variabel Efektivitas E-Learning (X) mampu mempengaruhi Hasil Belajar (Y) sebesar 74%, sedangkan 26% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 08:20 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 08:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8977 |
Actions (login required)
View Item |