Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Efektivitas Content Marketing Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Layanan BPRS Metro Madani (Studi BPRS Metro Madani Kota Metro)

Azzahra, Anisah (2023) Analisis Efektivitas Content Marketing Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Layanan BPRS Metro Madani (Studi BPRS Metro Madani Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANISAH AZZAHRA - 1903020004 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Perubahan perilaku terhadap kemajuan teknologi dan tingginya penggunaan internet memunculkan sebuah trend baru dalam dunia pemasaran salah satunya melalui content marketing. Content marketing merupakan kegiatan pemasaran yang mencakup penciptaan konten, memilih, membagi, dan memperbesar konten yang menarik, relevan, dan berguna untuk kelompok khalayak yang jelas demi menciptakan interaksi terhadap konten yang ada.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan content marketing yang dilakukan oleh BPRS Metro Madani serta menganalisis efektivitasnya dalam menarik minat masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan secara sistematis fakta mengenai analisis efektivitas content marketing yang digunakan BPRS Metro Madani untuk menarik minat masyarakat dalam menggunakan layanannya. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak marketing dan content creator di BPRS Metro Madani serta beberapa informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Dokumentasi diambil dari data, buku dan media lain yang berkaitan dengan penelitian.

Hasil penelitian pada BPRS Metro Madani menunjukan bahwa penerapan content marketing yang dilakukan adalah melalui media sosial yakni instagram, whatsapp dan facebook. Namun dari ketiga media tersebut BPRS Metro Madani lebih fokus pada aplikasi instagram. Konten yang dibuat sudah meliputi indikator sebuah content marketing yaitu relevansi, akurasi, bernilai, mudah dipahami, mudah ditemukan dan konsistensi. Analisis efektivitas content marketing yang diterapkan dapat dikatakan cukup efektif karena telah memenuhi standar dalam pengukuran sebuah efektivitas yakni dengan adanya keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program serta tingkat input dan output yang dihasilkan sudah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Efektivitas, Content Marketing, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:01
Last Modified: 09 Jan 2024 03:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8979

Actions (login required)

View Item View Item