Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Endorsment Melalui Media Instagram Dalam Meningkatkan Pendapatan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi kasus di Toko Clothes Uncletees)

Gustama, Alfad Rizki (2023) Peran Endorsment Melalui Media Instagram Dalam Meningkatkan Pendapatan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi kasus di Toko Clothes Uncletees). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ALFAD RIZKI GUSTAMA - 1804042001 - ESy.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Dewasa ini seluruh kegiatan ekonomi mulai beralih ke sistem digital yang dinilai lebih efektif dan lebih mudah, yang mana saat ini lebih dikenal dengan Era ekonomi digital. Banyak sekali platform media sosial yang digunakan penjual untuk memasarkan produknya, seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dan Tik tok. Media sosial menjadi sarana promosi bisnis yang sangat efektif, dikarenakan media sosial dapat diakses diberbagai kalangan. Pada era sekarang ini semakin banyaknya brand pakaian yang bermunculan di daerah Kota Metro salah satunya ialah uncletees. Uncletees merupakan brand lokal asal Kota Metro yang didirikan pada tahun 2016. Uncletees tidak hanya menjual produk berupa pakaian saja, akan tetapi ada beberapa produk seperti topi, sepatu, tootbage, beani hat. Sasaran dari bisnis ini adalah para remaja-remaja yang ada di Kota Metro khususnya kaum milenial. Uncletees ini memasarkan produknya melalui beberapa media sosisal, salah satunya instagram dengan menggunakan endorsment.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand lokal uncletees mampu meningkatkan pendapatan melalui peran endorsment. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir deduktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh brand lokal uncletees melalui endorsment dapat meningkatkan penjualan dan berdampak besar bagi kemajuan uncletees. Hal ini terlihat dari tahun 2017 ketika uncletees belum menggunakan jasa endorsment, tidak ada peningkatan penjualan dikarenakan masyarakat belum mengetahui produk uncletees, kemudian pada tahun 2018 uncletees mengalami peningkatan penjualan saat menggunakan media sosial instagram untuk mempromosikan produk.

Kata Kunci: Endorsment, Instagram, Pendapatan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:46
Last Modified: 18 Jan 2024 03:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item