Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Penghambat Pemasaran Produk Tabungan Haji di PT. BPRS Aman Syariah Sekampung

Maharani, Lisa (2019) Faktor-Faktor Penghambat Pemasaran Produk Tabungan Haji di PT. BPRS Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LISA MAHARANI-1502100077 .pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

PT. BPRS Aman Syariah Sekampung dalam prinsipnya menggunakan sistem bagi hasil, dalam sistem bagi hasil PT. BPRS Aman Syariah Sekampung membantu masyarakat untuk memenuhi kehidupan yang diinginkan seperti tabungan haji. Tabungan haji di pasarkan kepada konsumen namun dalam pemasaran produk kepada konsumen, banyak faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pemasarannya. Faktor-faktor tersebut bisa saja dipengaruhi dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang dapat dikendalikan oleh PT. BPRS Aman Syariah Sekampung, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang tidak dapat dikendalikan oleh PT. BPRS Aman Syariah Sekampung.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengorganisir semua data dengan wawancara dan dokumentasi dengan memilahnya menjadi satu kesatuan yang dapat dikelola menjadi sumber data yang dianggap penting untuk dipelajari serta memutuskan untuk hal apa saja yang perlu diperbaiki dari hasil evaluasi yang terjadi pada Faktor-faktor penghambat pemasaran produk tabungan haji di PT. BPRS Aman Syariah Sekampung.

Dengan demikian hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang menjadi penghambat pemasaran produk tabungan haji di PT. BPRS Aman Syariah Sekampung dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eskternal. Faktor internal di pengaruhi dari dalam bank, dimana Bank dalam pemasaran menggunakan sarana Marketing Mixdengan unsur 4P(Product, Place, Price dan Promotions).dari 4P tersebut yang menjadi faktor peghambat pemasaran dari segi promosi (Promotions) proses promosi tabungan haji media yang di gunakan oleh bank masih kurang karena brosur untuk tabungan haji sendiri belum ada, selain itu juga dipengaruhi oleh keterbatasan Sumber Daya Insani (SDI), dan penetapan pencapaian target penghimpunan dana. Sedangkan untuk faktor eksternalnya di pengaruhi oleh faktor ekonomi dan faktor kultural. Faktor ekonomi adalah faktor yang disebabkan karena tingkat penghasilan masyarakat yang rendah sehingga minat untuk menggunakan produk tabungan haji masih kurang. Faktor kultural adalah faktor yang disebabkan oleh persepsi dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Bank, oleh sebab itu masih banyak masyarakat yang belum percaya dengan PT. BPRS Aman Syariah Sekampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:57
Last Modified: 15 Jan 2020 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item