Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pemahaman Siswa Tunagrahita pada Materi Aritmatika Sosial Sederhana Melalui Permainan Monopoli

Vionica, Zahra (2023) Analisis Pemahaman Siswa Tunagrahita pada Materi Aritmatika Sosial Sederhana Melalui Permainan Monopoli. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Zahra Vionica (2001060020). - Zahra Vionica.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi semua anak tanpa membeda-bedakan antara status sosial, ekonomi, dan anak yang memiliki keterbelakangan fisik maupun berkebutuhan khusus. Dalam menempuh pendidikan, anak harus menguasai seluruh mata pelajaran yang ada, salah satunya ialah matematika. Tunagrahita dalam proses pembelajaran sukar memahami masalah yang bersifat abstrak dan lebih sering menghindar dari pembelajaran yang membutuhkan kemampuan kognitif sehingga diperlukan alat bantu berupa media pembelajaran yang dapat memusatkan perhatian siswa. Adapun alat bantu yang dimaksudkan berupa permainan monopoli yang dapat memusatkan perhatian dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tunagrahita dan faktor-faktor yang menghambat pemahaman siswa tunagrahita pada materi arritmatika sosial sederhana. Jenis penelitian dan desain yang digunakan ialah Single Subject Research (SSR) dengan Desain A-B yang terdiri dari dua tahapan yaitu fase baseline dan fase intervensi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan observasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis visual dengan dua tahapan yaitu analisis data dalam satu kondisi dan analisis data antar kondisi.

Hasil penelitian ini yaitu pemahaman siswa tunagrahita sebelum menggunakan media pembelajaran berupa permainan monopoli dapat dikatakan rendah dengan arah trend menurun dan stabilitas sebesar 50% serta masuk kedalam kategori tidak stabil, sedangkan setelah penggunaan permainan monopoli pemahaman siswa dapat dikatakan baik dengan trend mendatar dan presentase stabilitas 100% serta masuk dalam kategori stabil. Pengaruh intervensi berada pada rentang 50% dan dapat dikatakan mampu meningkatkan pemahaman siswa tunagrahita serta faktor yang menghambat pemahaman siswa tunagrahita ialah karena kurangnya pembiasaan dari orang tua dan belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran sehingga fokus siswa cenderumg teralihkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:57
Last Modified: 09 Jan 2024 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item