Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro Angkatan 2019

Afif, Zahara Jumailil (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro Angkatan 2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ZAHARA JUMAILIL AFIF - 1903011133 - ESy.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh percaya diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. 2) Mengetahui pengaruh harga diri terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. 3) Mengetahui pengaruh peluang terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. 4) Mengetahui pengaruh ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. 5) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro angkatan. 6) Mengetahui pengaruh kepribadian terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. 7) Mengetahui pengaruh visi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. 8) Mengetahui faktor manakah yang lebih dominan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2019 yang tidak mempunyai usaha atau belum berwirausaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner menggunakan regresi linear berganda melalui program SPSS 24.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha adalah variabel Percaya diri, harga diri, peluang, ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga, kepribadian, visi berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dan variabel yang lebih dominan adalah kepribadian (X6). Dan secara simultan atau secara bersama sama dari ketujuh variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap dependen minat berwirausaha, adapun besaran pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 82%.

Kata Kunci : Percaya Diri, Harga Diri, Peluang, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Kepribadian, Visi dan Minat Berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:57
Last Modified: 09 Jan 2024 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item