Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Puzzle Angka pada Anak Usia Dini di RA Islamiyah Kecamatan Negerikaton Pesawaran

Abidah, Esa Zulfa (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Puzzle Angka pada Anak Usia Dini di RA Islamiyah Kecamatan Negerikaton Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ESA ZULFA ABIDAH (NPM 1901042003)-1 - Esa zulfa abidah.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berhitung permulaan merupakan kemampuan dasar anak yang berkaitan dengan kemampuan matematika, seperti menghitung benda dan mengenal konsep bilangan dan simbol bilangan, hingga anak mencapai tingkat pemahaman tentang penjumlahan dan pengurangan dimulai dari hal sederhana melalui lingkungan terdekatnya hingga sampai ke tahapan yang lebih kompleks seiring dengan tahap perkembangan anak. Kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan berbagai cara salah satunya melalui Puzzle angka. Namun kenyataanya di RA Islamiyah Negrikaton Pesawaran bahwa anak kelompok A belum mampu mengenal lambang bilangan. Melalui penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui media Puzzle angka di RA Islamiyah Negrikaton Pesawaran.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskripsif, kuantitatif dan kualitatif dengan presentase.

Berdasarkan perkembangan kognitif anak kelompok A pada hasil penelitian bahwasannya dari hasil pra siklus untuk pencapaian indikator keberhasilan hasil dari pra siklus untuk pencapaian indikator keberhasilan hanya 30% kemudian setelah dilakukkannya siklus I tingkat pencapain meningkat menjadi 54%, jadi kenaikan dari pra siklus ke siklus I yaitu 24%, selanjutnya disiklus II tingkat pencapain meningkat menjadi 75%, maka kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 21%. Oleh karena itu,diharapkan penellitian ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:49
Last Modified: 09 Jan 2024 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item