Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Keadilan Gender Siswa Smp Negeri 2 Sukadana Lampung Timur

Jumsani, . (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Keadilan Gender Siswa Smp Negeri 2 Sukadana Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS JUMSANI - 2171010064 fix - jum sani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Dalam menghadapi tuntutan situasi perkembangan zaman dan pembangunan nasional, sistem pendidikan nasional harus dapat dilaksanakan secara tepat guna dalam berbagai aspek, dimensi, jenjang, dan tingkat pendidikan. Cara yang diterapkan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan keadilan gender pada anak didik adalah memotivasi anak didik, penguatan nilai-nilai moral, pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, dan hukuman (punishment). Faktor pendukung dalam menanamkan sikap berkeadilan gender pada anak didik adalah kebijakan kepala sekolah atau kerja sama yang baik kepala sekolah dengan guru PAI dan guru lainnya, kerja sama yang baik antara sekolah dengan wali murid, dan hubungan yang baik dengan sesama guru. Faktor penghambatnya adalah kesadaran siswa yang belum atau mau mengamalkan, sikap para pendidik yang masih kurang peduli terhadap perbuatan berkeadilan gender, sikap tenaga kependidikan yang belum memahami atau tidak mendukung sikap dan perbuatan yang berkeadilan gender dan faktor perkembangan teknologi yang semakin maju. Pada anak usia SMP memiliki stereotype gender yang sangat kuat akibat penanaman label gender yang membedakan antara laki-laki dan perempuan. Laki laki dilabelkan sebagai sosok yang sangat kuat, sehingga apabila ada anak laki laki yang suka menangis pasti diejek oleh teman-teman sebagai anak cengeng, sebaliknya perempuan adalah orang yang lemah lembut sehingga apabila ada anak perempuan yang bertengkar pasti dipanggil dengan sebutan anak tomboy.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini tidak menggunakan analisis statistik atau tidak berkaitan dengan data kuantitatif, melainkan prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif yaitu kata tertulis, tulisan dari orang lain, atau perilaku yang dapat diamati yang bertujuan untuk menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan kaidah atau status fenomena. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data tentang peran guru PAI dalam menanamkan keadilan gender pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sukadana. Untuk mendapatkan informasi tentang wawasan dan pengamalan keadilan gender para peserta didik.

Penanaman keadilan gender yang dilakukan guru SMP Negeri 2 Sukadana memberikan hasil yang positif karena dengan adanya penanaman keadilan gender, siswa lebih memahami apa yang itu gender dan keadilan gender. Jadi siswa tidak lagi melakukan perbuatan atau bersikap yang bertentangan dengan keadilan gender. Serta para guru pun tidak hanya memberikan teori tentang keadilan gender saja tetapi juga mengajarkan kepada pesert didik untuk mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:49
Last Modified: 09 Jan 2024 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9005

Actions (login required)

View Item View Item