Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pai Aspek Fiqih Siswa Di Smpn Sekecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah

Irfan, . (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pai Aspek Fiqih Siswa Di Smpn Sekecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Thesis Irfan - SELESAI (7) - Irfan spd.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang keterlibatan peserta didik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI di SMPN Se-kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah yaitu SMPN 1 Kalirejo dan SMPN 2 Kalirejo. Dapat diketahui bahwa motivasi peserta didik rendah yang berdampak pada hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap motivasi belajar peserta didik, mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap hasil belajar peserta didik. mendeskripsikan motivasi peserta didik, mendeskripsikan hasil belajar peserta didik selama proses belajar dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi PAI aspek fiqih kelas VII SMPN Se-kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah yaitu SMPN 1 Kalirejo dan SMPN 2 Kalirejo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen, subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Kalirejo dan kelas VII SMPN 2 Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dengan jumlah 128 peserta didik. Pada kelas VII E dan VII H SMPN 1 Kalirejo yang berjumlah 64 peserta didik dan VII A dan VII B SMPN 2 Kalirejo yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik penggumpulan data menggunakan angket pernyataan untuk mengukur motivasi peserta didik dan soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji N-gain dan uji-t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap motivasi belajar peserta didik hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas eksperimen 3,65 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol dengan nilai 2,5 dengan kategori cukup.; 2). Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), dimana thitung 4.05 lebih besar dari ttabel 2.65 sehingga H0 ditolak dan HI diterima ; 3). Peningkatan motivasi belajar kelas VII di SMPN 1 Kalirejo dan SMPN 2 Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah ditandai dengan analisis angket yang diberikan kepada peserta didik yaitu dengan hasil rata-rata dengan nilai 3,65 sehingga berkriteria sangat baik.

Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berdasarkan perhitungan N-Gain menunjukan kisaran nilai 0,31 sehingga dapat dikatakan pemahan peserta didik memiliki kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik materi PAI aspek fiqih kelas VII di SMPN 1 Kalirejo dan SMPN 2 Kalirejo Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah.
Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Motivasi belajar, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:50
Last Modified: 09 Jan 2024 02:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9007

Actions (login required)

View Item View Item