Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pengetahuan, Manfaat, dan Promosi terhadap Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan E-money (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro)

Wati, Dwilia Kurnia (2022) Pengaruh Pengetahuan, Manfaat, dan Promosi terhadap Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan E-money (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DWILIA KURNIAWATI - 1702100030 - Dwilia Kurniawt.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

E-money adalah sebuah produk dengan mempunyai nilai yang tersimpan dalam bentuk elektronik. Pengetahuan merupakan suatu pemahaman dari suatu hal yang diketahui. Manfaat yaitu sejauh mana teknologi memberikan bantuan atau keuntungan kepada individu. Promosi yaitu strategi pemasaran yang dilakukan oleh suatu penerbit yang ditawarkan kepada konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis adanya pengaruh dari variabel pengetahuan, manfaat, dan promosi terhadap persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.

Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner sebanyak 96 responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan teknik proportionate random sampling.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengetahuan terdapat pengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money dibuktikan dengan nilai thitung 2,960 > ttabel 1,661 dan nilai signifikansi 0,007 < 0,05. Pada variabel manfaat berpengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money dibuktikan dengan nilai thitung 5,596 > ttabel 1,661 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan pada variabel promosi terdapat pengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money dibuktikan dengan nilai thitung 6,015 > ttabel 1,661 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian Uji F secara simultan bahwa variabel pengetahuan, manfaat, dan promosi terdapat pengaruh signifikan terhadap persepsi mahasiswa dalam menggunakan e-money dibuktikan dengan Fhitung 96,071 > Ftabel 2,704 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil dari R square sebesar 0,758 menunjukan bahwa 75,8% dan selebihnya dijelaskan oleh variabel lain sebesar 24,2% diluar dari ketiga variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:52
Last Modified: 09 Jan 2024 02:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9015

Actions (login required)

View Item View Item