Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual Bernuansa Etnomatematika Lampung untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Nusa, Asa Arifah (2023) Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual Bernuansa Etnomatematika Lampung untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Asa Arifah Nusa Tadris Matematika 2024 - Asa Arifah Nusa.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu selama kegiatan pembelajaran masih terpusat oleh penjelasan yang diberikan guru di dalam kelas (teacher center), kegiatan pembelajaran belum memaksimalkan pemanfaatan media penbelajaran berbasis digital yang mengaitkan materi ke kehidupan nyata, sehingga siswa kesulitan untuk menghubungkan kejadian nyata yang ada dalam pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) mengetahui kelayakan e-modul dengan pendekatan kontekstual bernuansa etnomatematika Lampung, (2) mengetahui respon siswa terhadap e-modul dengan pendekatan kontekstual bernuansa etnomatematika Lampung, (3) mengetahui penggunaan e-modul dengan pendekatan kontekstual bernuansa etnomatematika Lampung terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 6 Metro. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 27 siswa kelas VIII.5. di SMP Negeri 6 Metro. Materi yang dikembangkan adalah materi sistem persamaan linear dua variabel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul telah memenuhi kategori kelayakan dengan presentase ahli materi yaitu 90,35%, presentase ahli media yaitu 83,52%, dan presentase ahli budaya yaitu 96%. Hasil respon siswa terhadap e-modul pada aspek kemenarikan diperoleh presentase yaitu 91,32% yang memenuhi kategori sangat menarik. Hasil perhitungan n-gain score diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 0,8 dalam kategori tinggi, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol yaitu 0,3 dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan penggunaan e-modul dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga, e-modul dapat dinyatakan layak, menarik, dan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:50
Last Modified: 18 Jan 2024 03:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9018

Actions (login required)

View Item View Item