Aulia, Anisa (2023) Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANISA AULIA - 1903011019 - ESy.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan disegala bidang kehidupan melalui internet. Dengan adanya internet untuk memenuhi kebutuhan dapat melalui media online. Kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan belanja online mengakibatkan terjadinya konsumsi secara berlebihan dan mengarah kepada perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif tersebut juga terjadi dikalangan mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro.
Penelitian ini menggunakan dua variabel yakni variabel online shop sebagai variabel independen dan variabel perilaku konsumtif sebagai variabel dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 67 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel probability yakni proportional random sampling. Analisis data dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS Statistics versi 25. Sedangkan data yang digunakan berasal dari kuesioner yang kemudian diuji menggunakan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana dan uji t.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh online shop terhadap perilaku konsumtif dengan hasil (Uji-t) didapatkan nilai yaitu 6.736 > 1.997, sedangkan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. ( ditolak dan diterima). Sehingga dapat diartikan bahwa online shop berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Online Shop, Perilaku Konsumtif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:50 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9019 |
Actions (login required)
View Item |