Pramada, Rizka Arum (2023) Hubungan Pengawasan Guru Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa MTs Daarul Ulya Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RIZKA ARUM PRAMADA - 2001011097 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengawasan dan kedisiplinan. Pengawasan dalam pendidikan sangatlah penting, tanpa adanya pegawasan yang dilakukan oleh guru kepada siswa maka pembelajaran yang dilakukan tidak akan maksimal dalam mencapai tujuan pendidikan yang semestinya. Pengawasan sangat berperan dalam membentuk kedisiplinan siswa, dengan dilakukan secara terus-menerus pengawasan akan menciptakan suasana pembelajaran yang disiplin. Kedisiplinan siswa akan terbentuk jika siswa di bina dan di awasi secara berkelanjutan, karena dengan hal itu siswa merasa di perhatikan dan di pantau sehingga siswa akan merasa takut jika melakukan kesalahan yang melanggar peraturan sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan pengawasan guru dengan tingkat kedisiplinan siswa MTs Daarul Ulya Kota Metro? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pengawasan guru dengan tingkat kedisiplinan siswa MTs Daarul Ulya Kota Metro.” Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Daarul Ulya Kota Metro yang berjumlah 52 siswa. Yaitu terdiri dari 36 siswa laki laki dan 16 siswa perempuan.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket berupa angket tertutup dan dokumentasi. Angket ini di tujukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang pengawasan guru dan kedisiplinan siswa, serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan profil sekolah MTs Daarul Ulya, sejarah singkat berdirinya sekolah, visi dan misi sekolah, peraturan sekolah, jurnal dan absensi siswa MTs Daarul Ulya.
Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk mengukur besarnya hubungan pengawsan guru dengan tingkat kedisiplinan siswa dan tingkat signifikansi antara variabel x dan y yang di konsultasikan dengan r tabel yaitu dengan menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data menggunakan rumus product moment, di peroleh hasil r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 5% (0,83>0,5432). Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan pengawasan guru dengan tingkat kedisiplinan siswa MTs Daarul Ulya Kota Metro.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan pengawasan guru dengan tingkat kedisiplinan siswa yaitu dengan konstribusi sebesar 69%. Hal ini menunjukan bahwa pengawsan guru berhubungan dengan tingkat kedisiplinan siswa MTs Daarul Ulya Kota Metro.
Kata Kunci : Pengawasan Guru, Kedisiplinan Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 02:53 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9021 |
Actions (login required)
View Item |