Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Satu Harga Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Toko Serba 35.000 Jl. Soekarno Hatta Kecamatan Metro Barat Kota Metro)

Arianti, Silvia (2023) Strategi Promosi Satu Harga Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syari’ah (Studi Kasus Toko Serba 35.000 Jl. Soekarno Hatta Kecamatan Metro Barat Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SILVIA ARIANTI - 1902022021 - HESY.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Strategi promosi harus dilakukan sesuai dengan prinsip syariah agar dapat menciptakan kemaslahatan dan keadilan bagi para pihak dalam jual beli. Adanya ketidaksesuaian antara harga yang dipromosikan dengan harga jual menjadi permasalahan dalam praktik jual beli dengan strategi promosi satu harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan dan bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap strategi promosi yang dilakukan di Toko Serba 35.000 di Jl. Soekarno Hatta Kecamatan Metro Barat Kota Metro sedangkan faktanya berbeda.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian studi kasus, dengan pedekatan analisis deskriptif karena penelitian yang dilakukan berfokus pada suatu kasus untuk diamati dan di analisis secara cermat hingga selesai. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara. Hasil wawancara ini menjadi data utama yang digunakan dalam penelitian yang kemudian dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu reduksi, display dan penarikan kesimpulan, kemudian hasilnya dikembangkan dalam bentuk uraian.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Strategi promosi yang dilakukan oleh Toko Serba 35.000 adalah menggunakan strategi promosi satu harga. Proses promosi yang dilakukan yaitu dengan memasang banner bertuliskan “SERBA 35.000” baik yang di diletakkan di depan toko ataupun di dalam toko. Strategi promosi ini telah berhasil menarik minat pembeli karena harga 35.000 merupakan harga terendah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Metode penetapan harga yang digunakan pada umumnya didasarkan pada biaya atau modal, keuntungan dan persaingan. 2) Dalam tinjauan hukum ekonomi syariah strategi promosi satu harga serba 35.000 boleh dilakukan dengan syarat tidak melanggar prinsip-prinsip dalam muamalah ataupun tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang dalam jual beli Islam. Strategi promosi satu harga di Toko 35.000 melanggar prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah yang seharusnya diterapkan, karena toko tersebut memasang banner yang bertuliskan serba 35.000 padahal tidak semua barang yang ada di toko tersebut harganya 35.000, dengan strategi ini ada ketidak jujuran pada penetapan harga sehingga pembeli merasa tertipu ketika melakukan pembayaran.

Kata Kunci: Strategi, Promosi,SatuHarga,Hukum Ekonomi Syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:06
Last Modified: 18 Jan 2024 03:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item