Prastika, Dita Ajeng (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar IPA Kelas IV MIM Hadimulyo Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Dita Ajeng Prastika - 2001031011 - PGMI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di MIM Hadimulyo Metro khususnya pada kelas IV. Berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian pra-survey yang didapat bahwa pendampingan dari pihak orang tua kurang kepada anak-anaknya, proses pembelajaran konvensial yang hanya berpusat pada guru (teacher center), ketika peserta didik diberikan kesempatan oleh guru untuk bertanya hanya sebagian yang merespon, peserta didik kurang interaktif, saat diberikan materi pelajaran untuk keesokan hari mereka sudah lupa, dan penerapan media pembelajaran masih belum maksimal seperti media tayangan video animasi dikarenakan sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai, saat melaksanakan proses pembelajaran hanya menggunakan media visual gambar yang tersedia di buku. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap motivasi belajar IPA kelas IV MIM Hadimulyo Metro. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain true eksperimental designs type pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sains A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang dan kelas IV sains B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil analisis data uji normalitas menggunakan liliefors diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji F diperoleh varians kedua kelompok homogen. Selanjutnya uji-t posttest pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 35 diperoleh thitung = 2,30 > ttabel = 2,03, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian perhitungan uji n-gain kelas kontrol sebesar 0,15 berada pada kategori rendah, sedangkan uji n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,34 berada pada kategori sedang. Artinya pembelajaran dengan menggunakan media video animasi lebih baik dan lebih efektif daripada tidak menggunakan media pembelajaran. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video animasi terhadap motivasi belajar IPA kelas IV MIM Hadimulyo Metro.
Kata Kunci: Media Video Animasi, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:37 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9029 |
Actions (login required)
View Item |