Windarti, . (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Siswa Di SMP PGRI 2 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI WINDARTI - 2001010052 - PAI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan juga bermakna sebagai usaha mengubah sikap serta tata laku seseorang ataupun kelompok dalam menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia. Interaksi sosial menjadi sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, dimana setiap manusia harus berinteraksi sosial dengan baik kepada sesama. Di SMP PGRI 2 Sekampung ini masih terdapat siswa yang kurang baik dalam berinteraksi sosial, baik kepada teman sekelas ataupun kepada dewan guru di sekolah.
Sebagaimana peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti berusaha dalam mengembangkan interaksi sosial siswa dengan berbagai peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengembangkan interaksi sosial siswa di SMP PGRI 2 Sekampung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti, siswa, dan kepala sekolah) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di SMP PGRI 2 Sekampung, Kecamatan Sekampung. Kajian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengembangkan interaksi sosial siswa ini dilakukan dilingkungan sekolah melalui interaksi sosial yang dilakukan menggunakan metode demonstrasi, komunikator, mediator, motivator, inspirator, evaluator, dan pendidik.
Kata Kunci: Guru , Siswa, Interaksi Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9037 |
Actions (login required)
View Item |