Amanda, Niken (2023) Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Siswa Kelas 3 MI Tarbiyatul Athfal Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NIKEN AMANDA - 2001010038 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting bagi siswa. Oleh karena itu, beberapa cara dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat nasional termasuk upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Namun masih terdapat permasalahan pada motivasi belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Motivasi siswa yang rendah terlihat karena beberapa siswa masih pasif ketika pembelajaran, tidak menghafalkan hafalannya dengan baik, serta tidak mengerjakan tugas atau PR tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward dan punishment pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis Kelas 3 MI Tarbiyatul Athfal Kecamatan Batanghari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif lapangan, dan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Peneliti mendeskripsikan tentang motivasi belajar siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Athfal pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dengan pemberian reward dan punishment. dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadis kelas 3 dan siswa kelas 3 sebagai sumber data primer sedangkan sumber data skunder adalah wawancara kepada kepala sekolah dan data-data siswa, serta jurnal penelitian terkait upaya guru untuk meningatkan motivasi belajar siswa melalui reward dan punishment. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk reward yang diberikan di MI tarbiyatul Athfal berupa ucapan seperti “bagus”, “pintar”, “hebat sekali”, dll. Atau dapat berupa hadiah fisik seperti peralatan sekolah yang bermanfaat dan juga uang. Reward yang telah di berikan oleh guru memiliki tujuan agar siswa menjadi lebih semangat belajarnya. Sedangkan punishment yang diberikan berupa hukuman yang mendidik. Dengan tujuan untuk membuat siswa jera dan tidak mengulangi kesalahannya. Dari hasil analisis di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan melalui pemberian reward dan punishment mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 MI Tarbiyatul Athfal pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Kata Kunci: Upaya, Reward dan Punishment, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 02:48 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9038 |
Actions (login required)
View Item |