Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Komunikasi Badan Narkotika Nasional Kota Metro dalam Melaksanakan Penyuluhan Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba

Kurniawan, Ahmad Nurcholis (2023) Strategi Komunikasi Badan Narkotika Nasional Kota Metro dalam Melaksanakan Penyuluhan Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi Ahmad Nurcholis Kurniawan 11 - Ahmad NK.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Kondisi peredaran penyalahgunaan narkoba di Indonesia sangat mengkhawatirkan, di mana jumlah kasus penyalahgunaan meningkat di setiap tahunnya termasuk di Kota Metro. Hal ini dibuktikan data kasus peredaran narkotika di wilayah Kota Metro pada tahun 2021-2023 yang menjelaskan bahwa pengguna penyalahgunaan narkoba semakin meningkat. Untuk mencegah peredaran narkoba BNN melalui program P4GN melakukan kegiatan komunikasi ke semua elemen masyarakat dengan melaksanakan penyuluhan, pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi dalam melaksanakan penyuluhan, pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh lembaga BNN Kota Metro. Dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu Kasubag umum BNN Kota Metro, staff penyuluh Pencegahan, dan Pemberdayaan masyarakat (P2M) sebanyak dua orang dan satu peserta kegiatan program. Sedangkan sumber data sekunder peneliti mendapatkan informasi melalui sumber jurnal, buku, buku administratif, laporan kegiatan, dokumentasi, dan artikel website yang berkaitan dengan penelitian ini.Teknik analisis yang digunakan yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Vertifikasi data atau Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan BNN Kota Metro ada beberapa tahapan strategi yaitu: pertama perumusan strategi meliputi menetapkan tujuan dan sasaran kegiatan. Contoh sasaran kegiatan yaitu dengan stakeholder sekitar baik pemerintah, instansi/lembaga dan masyarakat, bertujuan membangun karakter manusia dan pemahaman informasi mengenai hidup sehat tanpa narkoba. Kedua implementasi strategi yaitu tahapan pelaksanaan berupa penyampaian isi pesan dan penggunaan media. Penyampaian isi atau materi tergantung jenis sasaran khalayak. Contohnya metode informative, edukatif, persuasive. Sedangkan penggunaan media melalui penyuluhan tatap muka, sosialisasi keliling dan media massa/elektronik. Ketiga evaluasi strategi yaitu proses mengetahui tingkat keberhasilan dan kegagalan kegiatan serta guna pelaporan tugas dan pertanggung jawaban atas pelasankaan kegiatan melalui form evaluasi penyuluhan, meliputi materi penyampaian, metode, intonasi suara, dan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:46
Last Modified: 18 Jan 2024 03:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item