Firdaus, Imamatul (2023) Pengaruh Layanan E-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI IMAMATUL FIRDAUS - 1903021034 - PBS.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Persaingan bisnis dalam dunia perbankan semakin ketat baik di pasar domestik maupun internasional baik dalam hal inovasi produk dan kemudahan yang ditawarkan melalui perkembangan teknologi Untuk memenuhi kepuasan nasabah pada industri perbankan, kualitas pelayanan sangat penting bagi perusahaan untuk dikelola dengan baik agar tetap mendapat kepercayaan dari nasabah dan memenuhi kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. Berkembangnya perbankan saat ini memberikan dan menawarkan kemudahan bagi nasabah melalui layanan operasional yang sangat beragam, salah satunya adalah layanan e-banking (electronic banking). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan e-banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 yang menggunakan E-Banking Bank Syariah Indonesia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling insidental. Metode yang digunakan peneliti untuk pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan 60 responden sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji t (persial), dan koefisien determinan (R2 ).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Layanan e-banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank syariah Indonesia. Hasil tersebut dibuktikan dengan pengujian secara persial yang menunjukkan hasil thitung > ttabel (6,400 > 2,000) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya variabel Layanan e-banking (X) berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (Y) bank syariah Indonesia. Sedangkan pada hasil analisis R2 , variabel layanan e-banking (X) memberikan kontribusi sebesar 41,4% terhadap kepuasan nasabah (Y). Sementara sisanya 58,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Layanan E-Banking dan Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 03:28 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 03:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9065 |
Actions (login required)
View Item |