Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyikmak Anak Usia Dini Di TK Budi Anggono Sekampung Lampung Timur

Maylany, Ersa Alqori (2023) Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyikmak Anak Usia Dini Di TK Budi Anggono Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ERSA ALQORI MAYLANY - 1901042002 - PIAUD.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kendala yang di hadapi dalam proses kegiatan belajara mengajar, Berdasarkan data observasi, proses belajar mengajar di TK Budi Anggono Sekampung Lampung Timur memiliki banyak kendala seperti yang terdapat pada media pembelajaran yang kurang berfariasi dan kurang relevan, namun guru tetap gigih dalam memastikan program tersebut dioptimalkan agar dapat dipahami dengan baik oleh anak yang sedang melakukan pembelajaran. Dampak dari permasalahan tersebut adalah, anak kesulitan dalam kemampuan menyimak dan masih kurang mempu menangkap cerita apa yang disampaikan oleh gurunya, serta anak belum mampu menyampaikannya kembali isi cerita, anak belum memahami kalimat perintah yang diberikan oleh gurunya. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu: “untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui penggunaan media Boneka Tangan Di TK A Budi Anggono Sekampung Lampung Timur”

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan dua data yaitu data kuantitatif dan kualitatif, penelitian berupa penelitian tindakan kelas model yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto tahun 2012. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari setiap pelaksanaan siklus di analisis menggunakan teknik presentase. Dari hasil penelitian yang dilakukan selanjutnya dapat dihitung dengan persentase.

Berdasarkan penelitian tindakan kelas diketahui dari pengamatan perkembangan anak pada setiap siklus ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat pada kemampuan menyimak dengan penilaian aktivitas belajar. Pada siklus I dengan nilai rata rata 49,01% dan di siklus ke II mencapai nilai rata rata 74.54%, sehingga mengalami peningkatan sebesar 25.53%. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelas A TK Budi Anggono Sekampung Lampung Timur.

Kata Kunci : Media Boneka Tangan, kemampuan Menyimak Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:32
Last Modified: 13 Feb 2024 03:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9072

Actions (login required)

View Item View Item